Game

http://modoo.netmarble.co.id/Download/download_gamedownload.aspx

Pages

Rabu, 26 Juni 2013

Rangkaian led Bahan Rangkaian Running Text untuk 1 huruf 8 x 6



Rangkaian led
Bahan Rangkaian Running Text untuk 1 huruf  8 x 6

Led super putih cahaya merah     50 buah
IC hef 4094 LM/LA         6 buah
PCB polos 10 x 20 cm          1 buah
Atmel 89S51             1 buah
Kabel pelangi             50 cm
Timah Solder             1 meter
Pelarut PCB              1 bungkus
Spidol permanen          1 buah

Pada percobaan 1.1 ini LED akan dihidupkan atau dimatikan dengan mengirimkan data tertentu pada port 0.
Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Hubungkan jumper pada LED_EN, untuk mengaktifkan 8 buah LED
2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
3. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
4. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
5. Ketik program berikut ini:

Org 0h
Start:     Mov P0,#11110000b  ; Isi P0 dengan 11110000
sjmp start                       ;  lompat ke start
End
6. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog11a.asm
7.  Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dari *.asm ke       *.hex.
 8. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software ( Lihat Petunjuk   Penggunaan)
9. Lakukan pengamatan pada LED
10. Gantilah data tersebut diatas dengan data seperti pada tabel berikut dan lakukan pencatatan LED mana yang padam.

Percobaan 1.2. Pembuatan Subrutine Waktu Tunda
Pada percobaan ini, 8 LED akan berkedip secara kontinu.

Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:

1. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
3. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
4. Ketik program berikut ini

Org 0h
Start: Mov P0,#11111111b; Kirim data biner 11111111 ke P0
Call Delay                    ; Memanggil waktu tunda
Mov P0,#00000000b  ; Kirim data biner 00000000 ke P0
Call Delay                    ; Memanggil waktu tunda
Sjmp start
;
Delay: mov R1,#255
Del1: mov R2,#255
Del2: djnz R2,del2
djnz R1,del1
ret
end
5. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog12a.asm
6. Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dari *.asm ke *.hex.
7. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software ( Lihat Petunjuk Penggunaan)
8. Lakukan pengamatan pada LED
9. Gantilah data tersebut untuk mengedipkan sebuah LED, dua buah LED dan seterusnya,sesuai tabel berikut ini.

Percobaan 1.3. Instruksi Setb dan Clr

Pada percobaan ini, sebuah LED atau lebih dapat dihidupkan atau dimatikan dengan perintah setb dan clr.

Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:

1. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
3. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
4. Ketik program berikut ini:
Org 0h
Start: Clr P0.0 ; Mengirimkan logika ‘0’ ke P0.0
Sjmp start ; jump ke start
End

5. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog13a.asm
6. Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dari *.asm ke *.hex.
7. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software ( Lihat Petunjuk Penggunaan)
8. Lakukan pengamatan pada LED
9. Gantilah data tersebut untuk menghidupkan LED yang lain: LED 2, LED 3, LED 4, LED 5, LED 6, LED 7 dan LED 8.
10. Lakukan percobaan berikut untuk mengedipkan LED 1, dengan mengetikka program berikut ini.
Org 0h
Start: Clr P0.0 ; Kirim logika ‘0’ ke P0.0
Clr P0.1 ; Kirim logika ‘0’ ke P0.1
Clr P0.2 ; Kirim logika ‘0’ ke P0.2
Clr P0.3 ; Kirim logika ‘0’ ke P0.3
Clr P0.4 ; Kirim logika ‘0’ ke P0.4
Clr P0.5 ; Kirim logika ‘0’ ke P0.5
Clr P0.6 ; Kirim logika ‘0’ ke P0.6
Clr P0.7 ; Kirim logika ‘0’ ke P0.7
Call Delay ; Memanggil waktu tunda
Setb P0.0 ; Kirim logika ‘1’ ke P0.0
Setb P0.1 ; Kirim logika ‘1’ ke P0.1
Setb P0.2 ; Kirim logika ‘1’ ke P0.2
Setb P0.3 ; Kirim logika ‘1’ ke P0.3
Setb P0.4 ; Kirim logika ‘1’ ke P0.4
Setb P0.5 ; Kirim logika ‘1’ ke P0.5
Setb P0.6 ; Kirim logika ‘1’ ke P0.6
Setb P0.7 ; Kirim logika ‘1’ ke P0.7
Sjmp start ; lompat ke start
;
Delay: mov R1,#255
Del1: mov R2,#255
Del2: djnz R2,del2
djnz R1,del1
ret
end

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About